Entri Populer

Minggu, 19 Desember 2010

Bonne Journée

KJ 2010
"Bonne Journée!" ngga tau kenapa, sapaan ini marem sekali didengar sore hari tadi. Bonne Journée selain pengucapannya cepat, singkat, dan renyah, juga tidak terlalu sering dihapalkan oleh orang-orang di luar Prancis yang paling banter cuma bisa bilang 'Bonjour'. Bonne Journée bisa berarti 'bless you' atau 'have a nice day', yang jelas..timing ngomong Bonne Journée bisa sewaktu-waktu sesuai mood dan kondisi bolong tidaknya pusar kita (baca jawa: karepe udhelmu, le!)
Bonne Journée memberi sapaan seakrab toilet 'Toto', memberi kelembutan seperti tissue 'Kimberly Clark'. Bonne Journée, my darling...adalah sebuah kebanggaan jika yang berucap padamu adalah stranger yang berpotensi untuk memberimu atmosfir 'platonic love'..atau sekedar kelegaan bathin karena uang kembalian di warteg ternyata masih banyak.
Jika suatu saat di sebuah toilet, Kimberly Clark tidak lagi berjodoh dengan Toto, Bonne Journée tetap mengalun ramah di telinga..
Seperti saat kau mendengarkan folk, menonton sirkus tanpa harus menjadi badut..
Bonne Journée, my darling..adalah sah-sah saja dilontarkan pada mbak-mbak yang bekerja dengan tubuhnya. Karena perjalanan hidup mereka yang cukup rumit untuk dirangkum dalam sebuah jurnal, dan karena sulitnya lelaki menyapa ramah kecuali meminta desah.
Bonne Journée, my darling..seperti harapan baru yang diucapkan dengan nada datar namun yakin. Seperti sapaan yang terlontar begitu saja tanpa mengharap apa-apa..
Jadilah sebelum pagi menyapa, aku menyapamu Bonne Journée malam ini..agar aku jadi yang pertama untuk berharap..kau akan baik-baik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar